photo mihome.jpg photo mijournal.jpg photo milovelive.jpg photo miniceplaces.jpg photo aboutmi.jpg

Thursday, April 3, 2014

Psikotes - BCA Development Program

Setelah dinyatakan lulus kuliah beberapa minggu yang lalu. Sekarang gw harus mejalani hidup yang sebenarnya. Bisa dibilang ini one of terrible moment in life.. I feel like waking up in hell.

Kalo kemarin-kemarin hidup itu terasa begitu indah. Kerjaannya cuma main, (kadang-kadang) belajar, main lagi.. Mulai sekarang dan kedepannya gw harus cari duit sendiri demi kelangsungan hidup :))

So ini dia perjalanan pertama gw nyari kerja...

****

Selasa, 1 April 2014 - Gw dijadwalkan mengikuti psikotes BCA Development Program (BDP). Lokasi tesnya di Jakarta Design Center (JDC), daerah Gatot Subroto sana..

Jauh ya qaqa... :-?

Tapi demi masa depan harus tetep semangat!!

Berangkatlah gw jam 6.30 dari Kelapa Gading. Tapi diluar perhitungan, nunggu busway di halte pulomas itu lama banget! Ampun deh, setiap bus yang lewat pasti udah full.. Sampe 45 menit nunggu baru gw dapet bus. Waste of time banget..

Jam 8 itu jadwal tesnya. Dan jam segitu gw baru sampe di Harmoni. Mulai deh panik :-SS

Dengan harapan tesnya bakal ngaret. Gw turun di Harmoni, langsung nyari-nyari tukang ojek. Tawar menawar pun dimulai.. Tukang ojeknya minta Rp. 50.000,-.. Gw tawar, ngga mau. Mungkin keliatan banget ya muka panik gw, kesannya butuh banget :))

Ya sutralah apa boleh buat, daripada ga keuber tesnya.. Tarik mang!!

Jam 8.20 gw sampe juga di JDC. Langsung lari-lari menuju lift, naik ke lantai 6. Sampai disana, lega rasanya ngeliat masih banyak peserta yang antri buat registrasi. Dan gue bukan orang terakhir yang nyampe hahaha..

Tes dimulai jam 9.15. Tes pertama itu tes Pauli..

ini dia...

Tugas kita cuma menjumlahkan angka satu per satu, baris demi baris. Simpel keliatannya, tapi setelah beberapa waktu ngerjain, konsentrasi mulai buyar jadinya. Dan angkanya itu ga sedikit seperti contoh ini. Banyaknya itu satu lembar folio bolak balik. Salut gw sama 2 orang yang berhasil menyelesaikan dan nambah kertas. ^:)^

Trus ada semacam tes IQ. Soalnya meliputi sinonim, lawan kata, soal matematika dasar jaman SD dulu, gambar kubus, dll. Ini juga gampang-gampang tapi ngebingungin.

Setelah itu dikasih waktu break, sambil nunggu hasil lolos/ngga ke tahap selanjutnya.

Dari 78 peserta, 29 orang gugur di tahap pertama tadi. Puji Tuhan gw lolos dong \:D/

Tes selanjutnya menurut gw menjurus ke tes EQ. Gw diminta menentukan pilihan dari pernyataan yang ada, misalnya:

a. Saya selalu bekerja dengan keras.
b. Saya bekerja tergesa-gesa.

Ada 90 nomor yang harus dijawab. Saran gw, be yourself aja. Jawab sejujur-jujurnya. Ga ada jawaban benar atau salah, lebih baik atau kurang baik kok. Kalau memang kepribadian kita ga cocok untuk bekerja disitu, pasti ada tempat lain yang cocok buat kita.

Selain itu ada tes menggambar orang, pohon, dan tes wartegg *ini bukan nyicipin makanan di warung tegal ya* :))

tes wartegg


Tahap selanjutnya yaitu interview dengan psikolog. Yang ditanyain itu cuma seputar diri kita. Seperti, apa kekurangan dan kelebihan kita? Pengennya sih tadi gw jawab: mau tau aja apa mau tau banget? hihihi..

Setelahnya, boleh pulang dong.. Saatnya menempuh perjalanan pulang ke Kelapa Gading #:-S

****

Sekarang gw tinggal menunggu kabar dari BCA..

Katanya sih maksimal 2 minggu. Kalau memang rejekinya disitu ga akan kemana ya. Yang penting gw uda berusaha sebaik mungkin :)

2 comments:

  1. wow contoh soal psikotesnya membantu banget untuk gambaran..
    makasih ya :)
    kalau saya baru dipanggil untuk ikut psikotes tanggal 23 agustus besok..
    OMG..im shaking... X_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf DestiIntoYou_ mauu nnya dunk.. itu alamat lengkapn psikotes BCA dimana yah? Saya di sms untuk psikotes tgl 25, tetapi sms nya ke potong cuma stgh... Terima kasih

      Delete

Don't be a silent reader, please leave a comment :)